Senin, 06 Mei 2013

Tips cara menanam singkong yang benar



Tips cara menanam singkong yang benar
Pernahkah anda menanam singkong? Apakah singkong mempunyai nilai ekonomis yang tinggi?. Pertanyaan yang penuh polemik karena tanaman yang satu ini hanya dilirik sebelah mata oleh petani padahal kandungan gizinya tinggi dan kalau sudah diolah menjadi makanan cemilan akan mendatangkan penghasilan yang mengiurkan dan omsetnya pun bisa milyaran lho.

Dalam jumpa kali ini saya akan coba memberikan tips cara menanam singkong yang benar. Dengan persiapan dan pengetahuan yang baik mengenai cara menanam singkong yang benar, ditambah dengan ketekunan serta kesabaran Anda dalam merawatnya, tidak mustahil bahwa hasil yang akan Anda peroleh nantinya akan maksimal dan memuaskan Anda. Jadi, apa saja yang perlu Anda persiapkan dan lakukan sebelum menanam singkong agar hasilnya berlimpah dan maksimal?


Berikut Tips dan Cara menanam singkong YANG BENAR
  1. Siapkan Lahan tempat Menanam Singkong
    Singkong membutuhkan tanah yang gembur dan subur agar umbi yang dihasilkan bisa maksimal ukurannya selain kualitasnya, untuk itu sebelum Anda menanamnya, tanah tempat Anda menanam harus dicangkul terlebih dahulu. Anda dapat menggunakan teknik gundukan tanah memanjang seperti ketika Anda menanam cabai. Letakkan sampah daun yang nantinya akan berfungsi sebagai pupuk alami di dalam gundukan tanah yang Anda buat tadi. Jangan lupa membuat jalan air antara gundukan yang satu dengan lain agar tanah gundukan untuk menanam singkong tadi tidak terendam air.
  2. Siapkan Bibitnya dan Tanam
    Setelah tanah atau lahannya sudah siap, Anda dapat mulai memilih bibit singkong terbaik dan menanamnya. Beri jarak antar bibit kurang lebih 7 hingga 10cm agar tidak terlalu rapat. Perhatikan waktu Anda menanamnya supaya tidak terbalik, ujung bawah yang ditanam ke dalam tanah adalah bagian bibit yang tua.
  3. Perawatan Tanaman Singkong
    Merawat singkong yang sudah Anda tanam tadi akan kita bagi menjadi 3 seperti di bawah ini:
# Merawat Tunas
Setelah beberapa waktu, akan mulai tumbuh tunas dari bibit yang Anda tanam. Anda harus menyingkirkan semua rumput yang tumbuh selama tunas muncul agar tanaman Anda tidak kekurangan unsur hara yang merupakan makanannya karena diambil oleh rumput yang tumbuh di sekitarnya.
# Mengairi Tanaman
Anda harus menjaga agar bibit yang Anda tanam tidak kekurangan air, tetapi usahakan agar tanaman Anda tidak terendam hingga basah.
# Memberi Pupuk
Berikan pupuk kandang – Anda bisa membeli atau membuatnya sendiri dari ternak yang Anda miliki jika Anda memang petani yang memiliki ternak. Pupuk kandang ini berguna untuk memaksimalkan pertumbuhan tanaman singkong Anda terutama daunnya. 
# Semoga panen singkongnya memuaskan
Selamat mencoba

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Label